Friday, October 12, 2018

3.1 MEMAHAMI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER

3.1 MEMAHAMI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER
      •       Komputer yang berasal dari bahasa latin “Computare”, yang berarti alat hitung, karena komputer pertama digunakan sebagai alat bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat. Komputer saat ini adalah hasil dari komputer zaman dahulu, yang mulanya adalah alat mekanik dan elektronik.
     •       Komputer  adalah alat yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
      •       Kata  komputer  semula dipergunakan untuk mendesain orang yang melakukan pekerjaan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, namun arti kata ini kemudian berpindah ke mesin itu sendiri.
     •       Asal mulanya, pengolahan informasi secara eksklusif dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern digunakan untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
     •        Sehingga Istilah Lebih Baik Yang Cocok Untuk arti Luas seperti " komputer " Adalah  Yang mengolah information ATAU  Sistim Pengolah information.

      Perkembangan Komputer Sebelum Tahun 1940
     •        Pada era sebelum tahun 1940 penggunaan alat bantu penghitungnya masih sangat sederhana dan dilakukan secara manual. Peralatan komputer pada tahun itu dialami:

     •  Abacus (Sempoa)
       Sempoa  atau  Abacus  adalah alat kuno untuk penghitungan yang terbuat dari rangka kayu dengan sederetan poros yang berisi manik-manik yang bisa di geser. Alat ini untuk melakukan operasi aritmetika seperti penjumlahan, ekspresi, perkalian, pembagian, dan akar kuadrat. Muncul sekitar 5.000 Tahun yang lalu di Cina dan masih di beberapa tempat saat ini. Abacus dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi (penghitungan). Penggunanya melakukan perhitungan dengan menggunaka biji - bijian geser yang beres pada sebuah rak.

    •  Kalkulator Roda Numerik 1
     Setelah hampir 12 abad, muncul dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642,  Blaise Pascal  (1623-1662), menemukan apa yang disebut sebagai Roda numerik  (Numerical Wheel Calculator) .
      Kotak persegi ini yang dinamakan  Pascaline  menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga angka kedelapan.
      Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh.
      Kelemahan alat ini hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.

  Kalkulator Roda Numerik 2
     Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman,  Gottfred Wilhem von Leibniz  (1646-1716), Perbaikan Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan kisah-kisah dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat mempercepat alatnya, dibuat-buat untuk Kalkulator Roda Numerik versi ke-2.

     •  Kalkulator Mekanik
      Charles Xavier Thomas de Colmar  menemukan mesin yang dapat mengerjakan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar,  Arithometer ,  mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, ekspresi, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, Arithometer banyak dipergunakanatakan Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
     •  Mesin Buatan Charles Babbage
      Karena ada kesalahan dalam perhitungan, Charles Babbage menemukan mesin berhitung. Charles Babbage mendapat inspirasi dari mesin mesin yang dikerjakan oleh Wilhem Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz. Charles Babbage adalah mesin untuk melakukan perhitungan perbedaan (Mesin Differensial) yang muncul pada tahun 1822. Dengan menggunakan tenaga, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi sekaligus mencetak hasil secara otomatis. Setelah bekerja dengan mesin berbeda selama bertahun-tahun, Charles Babbage terinspirasi untuk membuat komputer tujuan generasi (multifungsi) pertama, yang di sebut  Mesin Analitycal . Atas semua penemuan yang sangat besar ini maka Charles Babbage disebut Bapak Komputer Modern .
     •     Mesin Analtik (Mesin Analitik)
       Howard H.Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi secara elektronik untuk US Navy. Kalkulator ini membutuhkan panjang dan panjang kabel sepanjang 500 mil. Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator (ASCC), atau Mark I, merupakan komputer relay elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beroprasi dengan lambat (membutuhkan 3-5 detik untuk setiap hitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat di ubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.

      Perkembangan Komputer Sesudah Tahun 1940
     •        Komputer yang memiliki berbagai macam mulai dari pertama, kedua, ketiga, dan lain-lain yang sangat canggih dari tablet, laptop dan lain-lain. Hanya itu yang bermula dari beberapa penemuan alat-alat yang akan menjadi cikal bakal lahirnya komputer. Barikut Sejarah Perkembangan Komputer sebelum Tahun 1940. Komputer yang digunakan pada saat ini telah mengalami  lebih dari 60 tahun yang lalu. Sejarah perkembangan komputer modern bermula sejak  tahun 1940. Pembagian komputer modern terdiri atas 5 generasi.
     •        Generasi I (1940-1959)
     •        Komunitas komputer pertama masih sangat sederhana, belum rumit dan tidak dapat menangani masalah yang rumit. Pendidikan komputer sangat kecil dan prosesnya pun masih lambat.
      •        Komputer dulu menggunakan tabung vakum untuk memroses dan menyimpan data. Tabung vakum seperti lampu kecil. Tabung vakum cepat panas dan mudah terbakar. Ribuan tabung bisa digunakan untuk komputer komputer pertama.
      •        Komputer yang pertama kali digunakan untuk masalah elektronik dan akurat. Komputer generasi pertama adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator) yang dibuat oleh Dr. John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.

     •        Generasi II (1959-1964)
      •        Komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk mengisi tabung vakum juga mudah terbakar. Pada komputer generasi kedua, tersimpan cara baru untuk menyimpan data, yaitu dengan penyimpanan secara magnetik. Penyimpanan secara elektronik menggunakan perangkat lunak yang dililit oleh kawat.
     •        Memaksimalkan komputer yang sama sekali lebih cepat dari generasi pertama. Awalnya, pelajaran komputer kedua menggunakan program tingkat tinggi, seperti Foltran (1954) dan COBOL (1959). Program bahasa itu bisa bahasa dapur. Pada tahap ini, ukuran komputer lebih kecil. Komputer ini digunakan untuk memproses data di bidang perniagaan, universitas, dan militer. Contoh komputer pada saat ini adalah DEC PDP-8, IBM 700, dan IBM 7094.

     •     Generasi III (1964-1980)

     •        Perangkat komputer dengan beberapa komponen di dalam  satu tempat. Tampilan dari komputer dan disempurnakan.
     •        Memori komputer yang lebih besar dan disimpan di luar (eksternal). Penggunaan listriknya lebih hemat dibanding komputer generasi sebelumnya. Ukuran fisik menjadi lebih kecil (komputer mini).
     •        Komputer generasi ketiga juga mulai menggunakan komponen IC (Integrated Circuit) atau disebut chip. Dapat digunakan untuk multiprogram. Contoh komputer adalah Apple II, PC IBM, dan NEC PC.

     •    Generasi IV (1980-Sekarang)

     •        Penggunaan komputer masih menggunakan IC / chip untuk pengolahan dan penyimpanan data. Langkah ini lebih maju karena di dalamnya terdapat beban berat komponen transistor. Proses pembuatan IC komputer ini dinamai kelas Very Large Scale Integration (VLSI). Pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih cepat atau dalam waktu yang singkat. Media penyimpanan komputer ini lebih besar dari generasi sebelumnya.
      •        Komputer yang disebut komputer mikro. Contohnya adalah PC. Teknologi IC komputer yang digunakan antara komputer mikro dan komputer mini serta mainframe. Beberapa teknologi IC pada saat ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, dan Core ke Duo.
     •        Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer super (super computer). Bahasa pemrograman BASIC dan Pascal dimulai pada komputer generasi keempat. Bahasa Indonesia-Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling terkenal untuk komputer mikro. Perkembangan selanjutnya adalah Laptop, Notebook, Handheld, PDA dan Palmtop mulai diperkenalkan.

     •       Generasi V (Masa Depan)

     •        Komputer memang belum terwujud karena komputer ini merupakan masa depan. Pembuatan bentuk komputerisasi akan lebih kompleks.
     •        Paket komputer yang akan memiliki lebih banyak unit pengolahan yang lebih baik dari satu bagian dalam waktu yang bersamaan. Komputer ini juga memiliki memori yang besar.
     •        Lamanya komputer yang diperkirakan akan memiliki kepandaian terpisah dan dapat membuat hasil sendiri. Sifat luar biasa komputer ini disebut sebagai kecerdasan buatan atau kecerdasan buatan.
      •        Secara umum karakteristik-karakteristik acara masa depan adalah lebih canggih dan lebih lengkap dan memiliki kemampuan untuk melihat, berbicara, berbicara, dan mengingat serta membuat angka seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi secara langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas pub masa depan akan lebih indah.



No comments:

Post a Comment

10 Permasalahan Komputer Beserta Solusinya

Pointer Mouse Selalu Meloncat-Loncat Cara Mengatasinya Mouse kotor segera di Bersihkan (khususnya pada bola mouse).  Komputer Sering C...